Jumat, 18 Maret 2016

10 Fakta Menarik Tentang Kopi

hidup ini seperti secangkir kopi, kadang pahit kadang manis. tapi apapun rasanya kita tetap menikmatinya juga. berbicara tentang kopi, hari ini gue akan mengulas sedikit fakta menarik tentang kopi yang belum diketahui banyak orang. gue harap, saat kalian membaca artikel ini kalian sedang menikmati kopi, biar lebih mantap.

ini dia 10 fakta menarik tentang kopi.

1. Efek kafein pada kopi, pertama kali disadari oleh para gembala-gembala di ethiopia. saat mereka melihat domba-domba mereka bergerak sangat lincah, bahkan seperti orang yang sedang menari sesaat setelah memakan biji kopi.

2. Awalnya, biji kopi dimakan bukan diminum. hal ini dilakukan oleh suku-suku yang ada di Afrika. mereka menjadikan biji kopi sebagai ''cemilan'' yang dicampurkan dengan mentega. karena mereka meyakini bahwa memakan biji kopi, membuat stamina mereka bertambah.

3.Masa Kebangkitan Islam, memberi kontribusi yang sangat besar pada kopi. kopi menjadi populer setelah minuman beralkohol diharamkan. oleh karenanya, minum kopi dijadikan sebagai kebiasaan baru.

4. Semua tanaman kopi yang ada dibumi ini tumbuh pada satu garis lintang yang bernama ''The Bean Belt''. area ini terbentang pada garis balik utara (Tropics Of Capricorn). dan Hawai adalah satu-satunya negara bagian amerika yang ditumbuhi tanaman kopi.

5.Pada tahun 1675, Raja Inggris memerintahkan untuk menutup semua kedai kopi yang ada. karena beliau berpikir, aktifitas tersebut adalah ajang dimana orang-orang menikmati kopi sambil berkonspirasi untuk melawannya.

6. 80% orang di dunia, mengkonsumsi kopi jenis Arabika karena rasanya yang lembut dan aromatik. 20% sisanya mengkonsumsi kopi jenis Robusta yang lebih pahit tapi nikmat. kopi Robusta juga mengandung kafein sebesar 50% lebih banyak dari kopi Arabika.

7. Pohon kopi bisa tumbuh tinggi hingga 30kaki (atau sekitar 9meter). tapi kebanyakan pohon kopi tersebut dipangkas hingga 3meter saja, agar bijinya lebih mudah untuk dipetik.

8. Kopi adalah bahan komoditi terbesar dunia yang diperdagangkan selain minyak dan sumber daya alam yang lain.

9. Namanya adalah George Washington. pria yang berkebangsaan belgia dan menetap di guatemala inilah yang menemukan kopi instan pertama kalinya.

10. Istilah Americano berasal dari tentara-tentara GI amerika pada masa perang dunia kedua. mereka biasanya memesan espresso tapi dicampur dengan sedikit air, untuk meringkan rasanya yang kuat. istilah ''Cup Of Joe'' juga berasal dari prajurit-prajurit GI-Joes karena mereka dikenal sebagai peminum kopi berat.

itulah ulasan menarik tentang kopi, semoga ulasan diatas bisa menghibur dan menambah pengetahuan kalian. sampai disini ada yang mau ditambahkan? silahkan dikolom komentar.
^___^


sumber: otten coffe magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar