Sabtu, 28 Mei 2016

Pencipta Sepeda Pertama di Dunia



Sepeda adalah alat transportasi yang digerakkan dengan bantuan manusia. dari anak kecil hingga orang dewasa, semua tahu dengan sepeda. sepeda juga dijadikan sarana untuk berolahraga. banyak orang yang gemar bersepeda bahkan menajadikan sepeda sebagai alat transportasi untuk kesibukan masing-masing. Tapi tahukah anda, siapa orang pertama yang menciptakan sepeda? yang jelas bukan rizal.

Baron Karls Drais Von atau yang kerap disapa Karl Drais, adalah pencipta sepeda pertama didunia. pria kelahiran Karlsruhe Jerman 29 April 1785 ini pula yang menjadikan prinsip awal sepeda menjadi sepeda motor. Drais juga menemukan mesin ketik awal dengan keyboard tahun 1821. setelah belajar arsitektur pertanian dan fisika di University of Heidelberg, Drais bekerja menjadi guru dilembaga kehutanan milik pamannya. setahun kemudian drais diskors tapi tetap menerima gaji. dalam masa itu pula, dia mencurahkan waktu untuk penemuannya.

Bentuk awal dari sepeda adalah beroda 3, namun tanpa pedal. perjalanan perdana sepeda buatan drais ini, dimulai dari Mannheim ke Schwetzinger Relaishaus. dengan mengandalkan kekuatan dari kedua kaki, drais mampu berkeliling dengan cepat. drais menyebut kendaraannya dengan nama Draisienne. Kirkpatrick Macmillian, seorang rekan menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dan ban depan Draisienne. namun seiring perkembangan zaman, sepeda buatan Karl Drais tidak bertahan lama karena muncul sepeda-sepeda baru dengan pedal. Pada tanggal 12januari1818, drais diberi gelar ''DUKE''penghormatan atas penemuannya. drais pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji atas penemuannya. ketika sebuah pembunuhan dan pemenggalan terjadi atas Ludwig Sand. drais lalu pindah ke Brazil sebagai pengawas tanah diFazenda milil Georg Heinrich Von Langsdorff, namun kembali lagi ke Mannhein.

Drais menutup masa hidup dikota kelahirannya, Karlsruhe 10Desember1851. tanpa uang sepeser pun setelah Prusia melakukan revolusi dibaden dan menyita uang pensiun drais sepenuhnya, untuk membayar biaya revolusi.

Semoga bermanfaat.. (: Thanks to: biografiku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar