Kamis, 02 Juni 2016

Teh Termahal dari China

Teh adalah minuman menyehatkan yang sangat pas diminum saat santai. minuman ini bisa membangkitkan kembali semangat penikmatnya sekaligus bisa menjernihkan pikiran. selama ini, kita mengetahui bahwa teh adalah minuman ekonomis yang bisa dikonsumsi semua kalangan. tapi ada jenis teh dari kawasan pegunungan Wuyi provinsi Fujian China dikatakan sebagai teh termahal didunia, bahkan harganya 30X lebih tinggi dari emas. Wow!

Namanya Teh Da Hong Pao. teh yang tumbuh disemak purba di Da Haong Pao ini sangat legendaris. ''Teh ini lebih cocok untuk pengemis tetapi harganya cocok untuk seorang kaisar dan memiliki hati budha'' ujar Xiao Hui, pembuat teh di Wuyishan kota ditepi sungai fujian, china. dilansir dari BBC, senin (2/5/2016).



Ditahun 2002, seorang pembeli dari kalangan konglomerat membayar 180.000 yuan atau setara dengan Rp 356,7 juta lebih, hanya untuk 20gram teh legendaris Da Haong Pao. harga itu sangat mengejutkan terlebih pada negara yang menganggap minum teh sebagai seni selama 1500 tahun. Xiao Hui juga memperlihatkan bentuk fisik teh tersebut. daun-daun teh itu gelap, kusut dan belum selesai diolah dari kebun teh milik keluarganya di Wuyishan.

Disetiap toko yang ada diwuyishan memiliki satu set meja bagi orang yang mau mencicipinya. dalam acara kebudayaan minum teh dichina teh Da Hong Pao sering ditampilkan dengan berbagai jenis teh yang lain. meski memiliki banyak jenis teh yang berkualitas dengan harga tinggi, teh Da Haong Pao bisa dihargai sekitar 100 per kilo atau sekitar Rp 1,3 juta. ''Da Haong Pao yang asli sangat mahal karena sudah sangat sulit ditemukan pohon-pohon teh asli yang tersisa''. jelas pakar teh lokal Xiangning Wu.

Thanks to: National Geographic Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar