Jumat, 26 Februari 2016

Kami pecinta sepakbola

Sewaktu masih SMP, aku dan teman-temanku suka bermain sepakbola. Kami bermain pada sore hari, saat matahari tidak terlalu panas. Kadang jika sudah tidak ada aktifitas dirumah, kami akan bermain lebih awal dan berhenti saat adzan maghrib berkumandang. Kami mencintai sepakbola, hal ini bisa dilihat saat kami bermain semuanya pasti memakai kostum tim kesayangan dan meniru gaya pemain yang diidolakan. Tapi sayangnya, kami tidak bermain dilapangan. Hal ini disebabkan karena pemerintah setempat, sudah menggusur lapangan kami untuk dijadikan lahan bandara. Hingga suatu sore, fikri temanku yang baru pulang sekolah menawari kami untuk bermain dipekarangan samping rumahnya. 'mending main dirumahku aja!' kata fikri. 'emang boleh?' tanya rais penasaran. Aku dan teman-teman yang lain, menatap ke arah fikri dengan penuh harap. Fikri diam sebentar, berpikir tentang resiko yang akan terjadi. Lalu dengan aksen inggrisnya yang absurd, dia menjawab 'Of course man, move on!' suasana hening. Kepalaku mendadak pusing, rais terbatuk-batuk dan yang lain tertawa. Fikri bertanya dengan wajah heran. 'kalian kenapa? Ada yang salah?' aku yang kesal pun menjawab, 'ya iyalah. Bukan move on tapi come on!'
'yah, maksud aku juga begitu!' tandas fikri. Hari itu, kami bermain dengan penuh semangat. Seusai bermain, fikri mengeluarkan 2botol air dingin lengkap dengan sepiring pisang goreng yang dibuat oleh ibunya.

Seminggu berlalu begitu cepat, kami bertemu lagi dengan masalah tempat. Kali ini, pekarangan rumah fikri dijadikan tempat parkir oleh karyawan bandara. Ayah fikri pun menjelaskan padaku dan teman-teman agar tidak berkecil hati. Akhirnya, kami memilih untuk tidak bermain dulu sampai kami menemukan tempat bermain yang baru.

Rasa jenuh dengan aktifitas yang ada dirumah, membuatku dan teman-teman, mulai mencari cara untuk bermain. Terlebih rais, yang baru saja membeli sepatu baru, sudah tidak sabar untuk mencobanya. Saat pulang sekolah, aku bertemu dengan ipul dan amat. Kami pulang bersama-sama dan berjanji akan bermain sore itu. sampainya digang kompleks, kami bertiga bersilang jalan dan pulang kerumah masing-masing.

Sore harinya, rais datang dan menungguku didepan rumah. Saat aku keluar, rais menyambutku 'hallo rizal, bagaimana penampilanku? Sudah mirip Messi bukan?' sembari menggoyangkan kakinya. Aku tahu, dia sengaja menanyakan hal itu agar aku memuji sepatu barunya. Dengan ikhlas aku menjawab 'kamu lebih mirip Tessy, Hahaha!'
'terimakasih untuk pujiannya!' jawab rais dengan wajah kecewa.

Aku dan rais bergegas menuju ke warung bu minah, tempat kami biasa berkumpul. Satu persatu dari kami mulai berdatangan, diskusi pun dimulai. 'jadi kita main dimana hari ini?' kata riat membuka pembicaraan. Kami mulai berpikir mencari solusi untuk tempat yang baru. 'aku punya ide!' cetus iwan ditengah keheningan kami. 'gimana kalo kita mainnya dibandara aja!'
'APA? DIBANDARA? Kalo pesawat turun trus kita ketabrak gimana?' kata rais dengan kesal.
'itu kalo mainnya dilandasan, maksud aku kita main di dalam bandara. Aku liat disitu ada lahan kosong, dekat lapangan tenis!' lanjut iwan menegaskan.
'aku setuju, aku pernah lihat banyak pula orang sering jogging disitu, Bagus kali tempatnya, Aman!' sambung parman dengan logat bataknya yang kental.

Tanpa membuang waktu, kami segera pergi ketempat yang dimaksud. Setelah puas bermain, kami duduk dekat trotoar menghadap ke arah landasan.

Rais kembali membuat sensasi, 'sepatuku ini punya kelebihan!' katanya padaku. 'mana buktinya?'
'lihat ya, aku akan mengitari jalan ini dalam waktu 1menit' kata rais sambil bersiap. Bagiku dan teman-teman, cepat atau tidak rais berlari bukan masalah. Yang jadi kekhawatiran kami adalah, jalanan bandara sangat sensitif.

Rais berlari sambil bersorak kegirangan, dia terlihat seperti badut sirkus yang kelaparan. Aku dan teman-teman pun tidak ketinggalan untuk menyemangati.

Akhirnya malapetaka terjadi, rais kehilangan keseimbangan saat sepatunya menginjak pasir, yang berada disisi jalan. Hal ini membuat rais tersungkur dengan tampan diatas trotoar jalan.

Lututnya luka, wajahnya penuh dengan pasir, dan kami tertawa. 'hahaha makanya jangan sombong!' kata ipul sembari membantunya berdiri. Hari itu kami lalui dengan senang. Persahabatan kami begitu indah untuk dikenang. Dari kejauhan, sebuah pesawat siap untuk terbang. Aku dan teman-temanku berdiri dari trotoar, memandangi pesawat yang terbang sampai pesawat itu menghilang ditengah awan. Kami semua terkagum melihatnya, lalu dalam hati aku bertanya 'apakah kebersamaan ini akan terulang lagi?'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar