Minggu, 14 Februari 2016

Fungsi 'BINTIL' pada tombol 'F' dan 'J' dikeyboard.

Kalian sadar gak, ada sesuatu yang menonjol berbentuk garis pada tombol 'F' & 'J' dikeyboard PC/Laptop kalian? Coba kalian lihat dulu, Kalo ada kalian jangan panik apalagi sampai melakukan tindakan anarkis, seperti membakar PC/Laptop kalian. Tenang, hari ini gue akan membuka misteri yang selama ini terabaikan oleh kita semua.
Semasa gue sekolah, gak ada satu pun guru yang menjelaskan apa fungsi tonjolan yang terdapat pada tombol 'F' & 'J'. ada yang bilang ke gue: ''ah, garis itu cuma keisengan dari pabrik!'' bahkan ada juga yang gak mau kalah: ''Oh.. Garis itu buat melindungi layar, biar gak lecet!'' mendengar jawaban ini kepala gue langsung nyutnyutan. Absurd!

Karena gue penasaran, maka dengan izin Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, gue memutuskan untuk mencari jawabannya sendiri.

Pada tombol 'F' & 'J' dikeyboard, terdapat tonjolan garis strip yang memiliki nama lain 'BINTIL'. Garis strip ini, merupakan tanda taktil yang digunakan penyandang Difabel termasuk Tunanetra untuk mengetik dikeyboard laptop maupun ponsel. Tonjolan itu bukan kecacatan atau keisengan dari pabrik. Karena menurut Telecommunication Act bagian 255, semua perusahaan telekomunikasi WAJIB membuat telepon termasuk ponsel, yang bisa digunakan penyandang Difabel termasuk Tunanetra.

Frank Edward McGurrin, dialah penemu metode "MERABA" pada tahun 1888. Sebagai pengajar dikelas mengetik, McGurrin menganggap "BINTIL" pada tombol 'F' & 'J' bisa menjadi penanda, untuk memperkirakan letak tombol disekitarnya.

Nah! kalo pada ponsel keypad alphanumeric, tanda "BINTIL" terdapat pada tombol nomor 5. Alasannya sama dengan yang diatas. Memberi kemudahan pada kaum Difabel untuk melacak tombol disekitar serta orang-orang yang ingin mengetik tanpa melihat. Mungkin bagi sebagian orang, bintil itu gak penting dan mengganggu. Tapi siapa yang tahu, kadang hal yang kita anggap gak penting ternyata sangat penting bagi oranglain.

Semoga postingan ini bermanfaat, buat kalian dan anak'cucu kelak. Silahkan berkomentar dan terimakasih. (:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar