Kamis, 11 Februari 2016

Tips Mengatasi Grogi saat Public Speaking

Indra Bekti, Raffi Ahmad, Pandji Pragiwaksono, Mario Teguh. Itulah sebagian nama-nama orang yang selalu percaya diri saat tampil didepan umum. Selalu menarik perhatian penonton untuk mendengarkan apa yang sedang dibicarakan. Mereka adalah profesional dalam Public Speaking. Tapi bukan berarti, mereka tidak pernah merasa 'GROGI' saat tampil dihadapan orang banyak. Bagi kamu yang ingin seperti mereka, berbicara didepan umum tanpa merasa gugup. Nih, gue kasih tips mengatasi grogi atau gugup saat tampil didepan umum. Kalo difilm anime jepang anak-anak 'Chibi Maruko Chan' si chibi mengatasi rasa grogi/gugup dengan cara menulis nama orang yang dia sayangi ditelapak tangan sebanyak 3x, lalu menjilatnya.

Maka inilah tips dari gue:

1. TARIK NAPAS
banyak orang yang sering meremehkan hal ini. Sebenarnya menarik napas dalam-dalam (Deep Breath) sangat penting, untuk meregangkan sekaligus merelaksasikan saraf dan otot-otot kita yang tegang.

2. JEDA
rasa gugup datang kapan saja. Baik diawal pembicaraan, ditengah maupun diakhir. Jika kamu mulai merasa gugup, maka berhentilah sejenak, dan senyumlah ke arah penonton. Cara ini biasa digunakan profesional, untuk meredakan rasa gugup.

3.KUASAI MATERI
agar tidak terlihat konyol, kamu harus menguasai materi yang akan dibawakan. Menguasai materi, merupakan hal penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Karena kamu yang paling tahu, bukan penonton.

4.LATIHAN
berlatihlah sebelum giliran atau hari dimana kamu akan tampil. Semua profesional selalu melakukan hal ini. Demi menunjang kesuksesan dipanggung.

5.TERTAWA
tertawa adalah obat paling manjur, untuk meregangkan dan menstabilkan perasaan. Life Of Laugh!

6.SENYUM
keep smile, sebelum dan saat anda berbicara. Kecuali, jika yang dibicarakan adalah hal yang menyedihkan. Senyum adalah cara mudah, untuk meyakinkan hadirin bahwa kamu orang yang Super Friendly.

7.UBAH PERSEPSI
meskipun diantara hadirin, ada yang tampil lebih bagus dari kamu. Kamu jangan dulu patah hati atau nangis sambil nyundu tembok, INGATLAH: saat kamu bicara, seluruh pendengar yang hadir adalah milik kamu. Kamu yang paling tau, paling hebat dan paling mengerti dengan apa yang mereka inginkan selama ini. (maaf kalo berlebihan). Ingatlah percaya diri lebih penting, daripada percaya tukang bohong.

Tips diatas adalah murni dari gue sendiri dan sudah gue praktekin. Dan gue bersyukur karena semua berjalan dengan seharusnya. Semoga tips diatas, bisa membantu kalian untuk mengatasi Grogi/Gugup saat tampil didepan umum.


Good Luck dan Trimakasih (:
silahkan dikomentari, jika ada yang ingin ditambahkan.

1 komentar: