Rabu, 10 Februari 2016

Sejarah singkat tentang Radio

Sesuai dengan judulnya, hari ini gue akan mengupas tentang sejarah radio dari dulu sampai sekarang.
Mulanya radio digunakan oleh para Maritim untuk berkomunikasi. Mereka mengirim pesan telegraph menggunakan kode morse dari kapal yang mereka tumpangi ke armada didarat. Pada perang Tsushima 1901, armada jepang memakai pesawat radio guna memantau pergerakan tentara rusia. Tenggelamnya kapal Titanic 1912, merupakan awal pesawat radio mulai dikenang. Karena saat tenggelam, komunikasi antara kapal titanic dan kapal terdekat terjadi. Hingga kini, pesawat radio dikembangkan untuk memberi layanan informasi dan hiburan pada masyarakat dunia.

Selain itu, kita juga pernah mendengar kata AM dan FM yang sering diucapkan oleh penyiar. Awalnya gue pikir, AM adalah singkatan dari AryoMakan dan FM adalah FitriMinum. Ternyata bukan.

Yang benarnya adalah, Amplitude Modulation dan Frequency Modulation. Kedua gelombang mempunya hubungan yang konstan. Proses modulation ini juga, yang mengubah gelombang penghantar (radio) ke gelombang audio.

Banyak ahli yang terlibat dalam penemuan radio, seperti: Alexander Graham Bell, Nikola Tesla, Samuel Morse dan kawan-kawan. Namun dari beberapa nama yang gue sebut, tidak ada yang seberhasil Edwin Howard Armstrong. Beliau inilah, yang istilah gue 'MENYEMPURNAKAN' penemuan kawan-kawannya terdahulu. Beliau yang menciptakan penguat gelombang radio atau yang dikenal dengan Amplifier. Hal inilah yang membuat sinyal meningkat, sebanyak 20000 kali setiap detiknya. Suara yang dihasilkan pun jauh lebih kuat sehingga bisa didengar langsung tanpa memakai earphone.

Sampai sekarang, ditengah kecanggihan jaman gue masih tetap mendengarkan radio. Karena berita yang disajikan lebih akurat, ketimbang berita yang ada media televisi maupun internet. Banyak berita hoax, Ibarat makanan yang kebanyakan bumbu, rasa yang harusnya enak malah enek.


Sampai disini dulu ya, obrolan kita hari ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.

Kalo ada yang pengen ditambahkan, langsung aja dikolom komentar, karena komentar dari kalian adalah kesempurnaan bagi gue.
terimakasih (:

1 komentar:

  1. Hanya untuk membuat alat sederhana saja manusia membutuhkan perjuangan panjang.

    BalasHapus