Rabu, 06 Juli 2016

Selamat Lebaran, Mohon Maaf Lahir & Batin

Hari masih terlalu pagi dan ibu sudah membangunkanku dari mimpi. seperti biasa, aku bergegas merapihkan tempat tidur dan membantu ibu menyiapkan menu lebaran hari ini. gema takbir meraung dengan gagah ke langit, meriuhkan hari yang penuh kemenangan. lebaran kali ini tidak seperti lebaran ditahun-tahun sebelumnya. lebaran kali ini harus aku lewati bersama adikku saja. karena hari ini juga ibuku akan segera berangkat ke manado beliau akan lebaran dengan adiknya disana. saat anak-anak yang lain melewati idul fitri dengan orangtua tercinta, aku dan adikku melewati idul fitri berdua saja.

Aku dan adikku menerima hal ini dengan lapang dada. sebab bagi kami, ibu juga butuh refreshing. setelah semua kebutuhan sudah ibu siapkan. aku membangunkan adikku agar bersiap mengantarkan ibu ke bandara. adikku bergegas membersihkan dirinya dari sisa-sisa mimpi semalam dan menyadarkan jiwanya dengan segelas teh.

Sebelum pergi ibu berkata ''zal sama iki jaga rumah, jaga kebersihan sama keamanan. jangan lupa siram bunga!''
''iya bu!'' jawabku singkat. kini perpisahan pun dimulai. adikku sudah menunggu diluar dengan motornya. aku membantu ibu membawa barang bawaannya. sebelum pergi, ibu kembali mengingatkanku pada pesan sebelumnya. aku hanya diam, lalu kuraih tangannya dan menciumnya sembari berkata ''minal aidzin maafin izal ya ma!'' tanpa sadar, airmataku mulai berkumpul. sebisa mungkin airmata penuh haru dan dosa itu kutahan agar tidak telihat cengeng dihadapan ibu. namun tetap saja, seorang anak sepertiku tak mampu menahan hal itu.

ibu kemudian memelukku dengan erat, airmataku jatuh membasahi bahunya yang harum dengan parfum. beliau tersenyum dan segera menaiki motor dengan adikku. aku terus memandang ibuku yang mulai menjauh sembari berdoa dalam hati. pelan-pelan, ibu dan adikku menghilang dikejauhan.
Ramadhan tahun ini, penuh hikmah. ramadhan tahun ini dilewati tanpa mama dan papa.

Nah cerita diatas, adalah cerita ramadhan gue tahun ini. sampai disini dulu, cerita ini gue tulis. semoga menjadi berkah dan hikmah bagi kalian yang membaca. lewat cerita ini pula, gue mau ucapin Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir & batin. ^_^

6-juli-2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar