Senin, 18 Juli 2016

Pengertian Kudeta

Beberapa hari ini, dunia dihebohkan dengan Negara Turki yang dilanda kudeta militer. turki menjadi headline disemua media massa, meski gagal, aksi ini memakan banyak korban dan rusaknya fasilitas umum.
tapi gue gak mau ngomentarin masalah geopilitik yang terjadi dinegara pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan. karena gue akan memberi pengertian tentang apa yang dimaksud dengan "KUDETA''.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kudeta memiliki arti Perebutan kekuasaan (pemerintahan) secara paksa. Pengudeta adalah sebutan untuk mereka yang melakukan aksi kudeta tersebut.

Sejarah mencatat kudeta diturki sudah terjadi sebanyak 5x, sejak tahun 1960. dan yang terjadi pada hari jumat (15/7) adalah yang kelima kalinya dalam sejarah. elit militer turki sampai detik ini didominasi oleh kelompok nasionalis dan sekuler. mereka adalah kelompok yang mengidolakan Mustafa Kemal Attaturk untuk menjadi pemimpin bendera berlambang bulan bintang tersebut. kegagalan kudeta ini, disambut meriah oleh semua rakyat turki karena ini adalah kegagalan pertama turki mengadakan kudeta. meski demikian, presiden erdogan tetap optimis dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. dalam sambutannya, beliau sampai mengucurkan airmata saat tahu ada rakyatnya menjadi korban dari kebiadaban kelompok elit militer turki.

Sekarang kalian udah ngertikan apa yang dimaksud dengan Kudeta! semoga ringkasan singkat ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan dikomentar terimakasih dan salam kenal dari gue ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar