Minggu, 14 Agustus 2016

Psikologi Psikopat



Kalian mungkin pernah mendengar nama-nama orang seperti ''Jeffery Dahmer, Harold Shipman atau Jack The Ripper'', yah mereka adalah psikopat terkenal dunia dengan kekejiannya. cara mereka membunuh, menyiksa orang begitu bengis hingga membuat orang yang mendengar kisahnya pasti merinding. dan dihari minggu yang indah ini gue akan menjelaskan pengertian psikopat kepada kalian agar lebih berhati-hati bijak dalam berinteraksi dengan oranglain. secara harafiah, Psikopat adalah sakit jiwa. psikopat berasal dari kata "Psyche" yang berarti jiwa dan "Pathos" yang berarti penyakit dan pengidapnya disebut dengan "Sosiopat", karena prilaku mereka yang anti-sosial dan merugikan orang-orang disekitarnya. seorang psikopat, sadar dengan apa yang mereka lakukan, dan gilanya orang-orang seperti ini tidak punya rasa penyesalan atau belaskasih atas perbuatannya. mereka melakukan hal-hal ekstrem tersebut untuk mendapatkan kesenangan pribadi. seperti tokoh Joker dalam film dan komik Batman. seorang psikopat sangat mencintai diri sendiri, maka tak heran bila diantara mereka ada yang berlebihan memuji diri sendiri (narsis). psikopat juga memiliki tingkat intelijensi tinggi, kreatif dan sangat pandai dalam berperilaku, makanya kita sulit membedakan mana orang baik dan mana yang pura-pura baik. seorang koruptor dan pelaku kriminal seperti pencuri, penyebar kebencian juga bisa dikatakan psikopat, secara simple mereka sadar itu adalah tindakan negatif, namun karena tekanan biologis semua sisi positif mereka abaikan. lihat kasus kopi sianida, bisakah jessica kumala wongso dikatakan seorang psikopat?

Gue pernah berteman dengan orang yang punya insting psikopat. namanya kevin, sewaktu masih kuliah kevin adalah ketua kelas yang ditunjuk langsung oleh dosen karena prilakunya yang sopan dan baik. namun siapa sangka, dibalik tuturkata yang lembut, tersimpan arogansi yang tinggi. dia memanfaatkan kekuasaannya untuk menyenangkan diri sendiri dan merugikan gue dan teman-teman yang lain. seperti, jika ada teman yang sedang sakit dia akan berkata pada dosen bahwa orang itu bolos. suatu hari, saat diskusi mata kuliah Sosiologi Modern teman gue yang bernama andre memberi contoh ciri-ciri orang psikopat. tanpa menunggu lama dihadapan dosen dan teman-teman dia berkata ''ciri-ciri psikopat tersebut bisa kalian temukan pada diri kevin ketua kelas kita! iyakan zal?'' dosen terkejut, teman-teman lain canggung dan gue keselek pulpen. apalagi saat andre menanyakan ke gue, sumpah gue salah tingkah. gue hanya tersenyum dan disaat itu juga gue sadar, diskusi mulai memanas. kevin dan andre pun bermusuhan hingga sekarang. namun semua itu hanya masalalu, karena sekarang mereka semua sudah sarjana dan gue? '-___-
kayaknya, itu gak perlu dibahas.

Belum ada kepastian untuk melindungi diri dari seorang psikopat, mengingat mereka sangat pandai menyembunyikan topeng asli mereka maka sekedar saran dari gue adalah, bersikaplah preventif, jangan terlalu berlebihan pada orang yang begitu baik terhadap kita apalagi kalo kita baru kenal, jaga sikap dan amati ruang lingkup pergaulan kalian.

And this is the end of my writing today, may ebe a lesson to you all.
jika ada yang pengen kalian tambahin atau punya pengalaman seperti cerita gue diatas, silahkan dikolom komentar! ^__^ Ciao..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar