Kamis, 26 Januari 2017

Palu Arit dan Rectoverso



Hallo, pembaca setia postingan gue sebangsa dan setanah air indonesia. beberapa hari ini, lagi gemparnya masalah tentang adanya logo palu arit dimata uang indonesia dan pelecehan lambang negara. maka gue, akan membahas apa sih arti dari logo palu-arit dan apa konsekuensi hukum yang akan didapat jika kita menyalahi aturan tersebut.
langsung aja deh, dari beberapa referensi yang gue pelajari palu-arit adalah bagian dari simbol komunisme. simbol ini sebenarnya menyiratkan adanya hubungan dengan komunisme, partai komunis atau negara-negara dengan status komunis. simbol palu dan arit yang saling menindih itu mewakili kaum buruh dan petani (persatuan kaum tersebut). awalnya simbol ini muncul saat meletusnya reolusi rusia, logi ini dikenal oleh banyak orang setelah dicantumkan ke Panji Merah UniSoviet dan Partai Komunis Tiongkok disertai bintang merah.

Di Indonesia sendiri, simbol palu-arit dilarang oleh pemerintah, karena bisa menimbulkan konflik sosial dimasyarakat. ada beberapa kasus penggunaan palu-arit beberapa waktu yang lalu, seperti yang menimpa dua mahasiswa di uniersitas jember karena menggambar simbol komunis didinding kampus mereka, lalu ada juga penjual baju diNgawi tertangkap oleh polisi, karena membuat logo komunis dibaju jualannya. gue gak akan membahas lebih jauh tentang asal usul palu-arit ini, karena sejarah tidak pernah berdusta. Pada awal abad ke-20 simbol ini banyak digunakan dieropa. Lenin, pernah menyelenggarakan lomba untuk menciptakan lambang Soviet dan sadisnya yang menang adalah logo palu-arit tersebut, tapi lenin memutuskan untuk menghapus gambar pedang agar menimbulkan kesan bahwa bangsanya adalah bangsa yang damai. lalu seniman Moscow, Yvgency Kamzolkin mendesain logo palu-arit untuk poster hari buruh bulan Mei. dan tahun 1918 soviet secara resmi mengadopsi logo tersebut. sekedar info, Kamzolkin bukanlah seorang komunis melainkan seorang yang religius. dia mendesain logo palu arit bukan untuk menunjukkan Antipati terhadap Agama.

Di Indonesia, kelahiran PKI tidak dipicu untuk menentang agama, melainkan untuk melawan penjajah, sebab pendukung komunis percaya penjajahan tidak bisa lepas dari kapitalisme. seorang tokoh nasional yang juga pendiri PKI Hj.M Misbach (1876-1926) mengatakan bahwa komunisme dan islam adalah sejalan. dan tentu saja PKI menggunakan simbol palu-arit untuk partainya sebagai langkah untuk memberi dukungan pada kelas buruh dan penolakan terhadap kapitalisme. namun pada tahun 1965-1967 semua anggota PKI dibantai secara keji dari bumi indonesia ini.

oke, lalu gimana dengan tudingan logo komunis dilembaran mata uang indonesia yang diributkan oleh sebagian kelompok?
Gubernur Bank Indonesia (Agus DW Martowardojo) menegaskan bahwa tidak ada simbol palu-arit dalam uang cetakan mereka. beliau menjelaskan, bahwa gambar yang dipersepsikan oleh sebagian kelompok tertentu adalah Logo Bank Indonesia yang dipotong secara diagonal, hingga membentuk ornamen yang tidak beraturan. gambar tersebut adalah gambar saling mengisi (rectoverso) yang juga bagian dari pengaman rupiah. rectoverso umum digunakan sebagai salah satu unsur pengaman berbagai mata uang dunia. sejak tahun 90an, rectoverso sudah digunakan sebagai unsur pengaman rupiah dan logo BI digunakan sebagai rectoverso sejak tahun 2000. intinya, perumusan ini dilakukan secara teliti.

Nah, jadi itulah coretan gue hari ini. tentang simbol komunis dan perdebatan logo komunis dimata uang Rupiah. semoga aja, tulisan absurd ini bisa bermanfaat buat kalian. dan jangan lupa untuk selalu menjaga keutuhan bangsa indonesia dengan tidak menyebar berita hoax dan menyalahgunakan jabatan.
Sampai jumpa, dipostingan gue berikutnya.
(:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar